new malang pos
Camat Kedungkandang Doni Sandito bersama istri menampilkan corak batik unggulan Kecamatan Kedungkandang di atas catwalk Gelar Batik Malangan di Gedung Kartini.

NEW MALANG POS, MALANG – Lurah dan camat se-Kota Malang tampil bak model fashion memamerkan hasil karya batik unggulan wilayahnya. Pada acara Gelar Batik Malangan di Gedung Kartini (21/10) kemarin, mereka  bangga menunjukkan batik khas masing-masing wilayah bersama dengan pasangan.

Kegiatan yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Malang dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan ini digelar dalam rangka HUT ke-75 Provinsi Jawa Timur, dan Hari Batik Nasional.

“IKM jangan sampai terpuruk, terdampak boleh tapi jangan sampai terpuruk. Alhamdulillah terjadilah kolaborasi antara Dekranasda dengan pemerintahan. IKM kita kolaborasikan dengan desainer dan pak lurahnya. Ini yang ditampilkan adalah batik Malangan,” jelas Ketua Dekranasda Kota Malang Widayati Sutiaji kepada New Malang Pos .

Menurut istri Wali Kota Malang Sutiaji itu, batik di Kota Malang memiliki potensi yang bagus. Hampir tiap daerah telah memiliki motif batik sendiri. Peminat dan perajin batik juga dikatakannya mulai ada peningkatan. “Perajin batik mulai banyak dan merata. Motif batiknyapun beda beda. Ini yang harus kita optimalkan,” imbuh Widayati.

Selain pameran batik, juga dilengkapi dengan bazar UKM yang dimiliki oleh masing masing kelurahan. Hal tersebut bertujuan untuk sekaligus mempromosikan berbagai macam usaha dari masyarakat.

“Selain bazar, upaya mendongkrak pemasaran UKM, kami dari Dekranasda bersama dengan TP PKK dan Diskopindag sering mengadakan kegiatan online marketer. Pelatihan untuk pemasaran. Jaman sekarang memasarkan tidak harus mahal. Melalui android pun bisa,” tandas Widayati.

Pameran batik yang berlangsung hingga Sabtu mendatang ini akan menyajikan beberapa talkshow dan workshop atau pelatihan seperti strategi branding, workshop  batik dan shibori, workshop totebag hingga talkshow bersama dengan trainer Dedy Marquis.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji yang secara resmi membuka kegiatan tersebut mengatakan pemerintah akan terus memberikan perhatian penuh kepada IKM dan UKM agar tingkat perekonomian masyarakat dapat terjaga.

“Ketika pandemi sebenarnya semakin banyak ruang terbuka untuk berekspresi. Salah satu diantaranya adalah IKM bisa dibangkitkan, harus ada pendampingan terkait 3 hal yaitu produksi, pasar dan pendanaan. Ini yang terus kita lakukan,” jelas Sutiaji. (mp3/aim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here