NMP
Arema FC dipastikan kehilangan peluang untuk tampil di Asia tahun depan.

NEW MALANG POS, MALANG – Arema FC dipastikan kehilangan peluang untuk tampil di Asia tahun depan. Target yang dicanangkan manajemen klub Singo Edan itu lepas, karena PSSI bakal menunjuk dua tim untuk tampil di ajang internasional, yakni Bali United dan PSM Makassar.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo mengatakan, dalam pertemuan manajer 18 tim Liga 1 2020 di Bandung lalu, sempat dibahas mengenai jatah ke AFC Cup 2021 ini. Ada usulan Bali United sebagai juara Liga 1 2019 dan PSM Makassar sebagai juara Piala Indonesia 2018-2019 melaju ke AFC Cup musim depan.

“Kami setuju dengan usulan yang awalnya datang dari manajemen Persipura Jayapura itu. Keputusan tersebut cukup adil, sebab dua klub ini seharusnya menjadi wakil Indonesia di AFC Cup 2020 yang dibatalkan gara-gara pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ruddy mengatakan, selanjutnya tinggal keputusan federasi siapa yang akhirnya ditunjuk. Pasalnya, memutuskan wakil Indonesia di ajang Liga Champions Asia dan AFC Cup itu merupakan hak PSSI sebagai federasi.

“Memang, gampangnya diambil dari juara dan runner-up kompetisi musim itu. Masalahnya, ini kan Bali United dan PSM batal bermain di AFC Cup 2020 karena alasan force majeure. Sehingga sangat adil kalau mereka yang mewakili Indonesia di musim berikutnya,” jelasnya.

Tentu saja, dengan keputusan tersebut, Arema FC harus legawa merelakan ambisinya tampil di Asia kandas untuk musim depan. Menurutnya, timnya tinggal memundurkan target ke musim selanjutnya.

“Ini kan kondisinya memang tidak biasa. Bukan karena kami gagal berjuang. Daripada slot wakil Indonesia itu kosong karena Liga 1 2020 belum menghasilkan juara, maka sebaiknya diisi oleh Bali United dan PSM. Kalau dibiarkan kosong justru nama negara kita tidak baik di mata AFC. Arema tidak masalah gagal ke ajang tersebut tahun 2021, kan masih ada tahun depan,” terang dia.

Pendaftaran perwakilan negara untuk AFC Cup 2021 bakal dilakukan pada awal tahun 2021, sekitar Januari-Februari. Sementara, Indonesia yang punya dua jatah di masa itu belum memiliki juara dan runner-up karena Liga 1 2020 belum berakhir. (ley)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here