new malang pos
Pengecatan marka ZoSS di Jalan Surabaya untuk daerah sekolah SMKN 3 Malang yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Malang.

NEW MALANG POS, MALANG – Dinas Perhubungan Kota Malang (Dishub) kembali melakukan pengecatan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di beberapa titik di Kota Malang. Berbeda dengan ZoSS sebelumnya, kali ini ukurannya tidak sepanjang sebelumnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Malang Oong Ngoedijono mengatakan, pengecatan ini merupakan pembaruan sejak ZoSS pertama kali diterapkan.

“Pedoman teknis selalu mengikuti Kementerian Perhubungan. Kalau kita mengacu yang lama kan full, tapi karena full mungkin ada evaluasi terkait keselamatan, entah licin dan lainnya. Desain terbaru seperti ini, ukurannya hanya setengahnya,” kata Oong kepada New Malang Pos.

Beberapa titik yang dilakukan pengecatan antara lain di Jalan Veteran, Jalan Kaliurang, Jalan Surabaya, Jalan Dr.Cipto dan Jalan Juanda Jodipan. Pantauan di lapangan, beberapa titik tersebut dicat warna merah dahulu untuk kemudian nantinya akan diberikan tulisan Zona Selamat Sekolah lengkap dengan rambu rambu seperti sebelumnya. Cat yang digunakan merupakan jenis cat coldplast yang kuat dan cocok digunakan untuk warna terang.

Oong mengatakan pengecatan yang menelan anggaran sekitar Rp 190 juta ini ditargetkan selesai dibulan ini.

“Kami baru bisa memfasilitasi 5 titik dahulu. Karena memang sesuai dengan paketnya, 5 paket. Jadi ada skala prioritas. Tahun depan ada lagi,” ungkapnya.

Penentuan titik ini juga berkaitan dengan hal teknis pengecatan. Menurutnya, ada beberapa kriteria teknis yang diacu Dishub dalam menentukan titik tersebut. “Kaitannya dengan aspal juga, kalau aspal kasar kami juga tidak berani overlay aspal dengan coldplast. Yang penting sesuai pedoman dulu,” sambungnya.

Selesainya pengerjaan cat ZoSS bulan ini juga bisa menjadi salah satu persiapan bilamana sekolah akan mengadakan pembelajaran tatap muka. Ketika siswa sekolah sudah bisa melakukan pembelajaran secara langsung, maka sarana marka ZoSS sudah siap untuk digunakan.

“Fungsinya yang utama tentu untuk anak anak sekolah agar penyeberangan tetap aman. Selanjutnya kita pasang rambu,” tandasnya. (mp3/aim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here