new malang pos

NEW MALANG POS,  KOTA BATU-Pemerintah Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu akhirnya memiliki destinasi wisata baru. Destinasi wisata desa tersebut adalah Patirtaan Kaygun yang secara resmi dilaunching Wali Kota Batu Dra. Dewanti Rumpoko M.Si. Rencananya pemandian akan buka Jumat (23/10) dengan tiket masuk Rp 5000 per orang.

Dewanti menyampaikan dengan bertambahnya destinasi wisata kolam renang Kaygun menjadi hadiah luar biasa di Hari Jadi ke 19 Kota Batu. Pasalnya semakin banyak desa/kelurahan di Kota Batu yang siap mendukung visi misi Wali Kota Batu ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’.

“Saya berharap Patirtaan Kaygun ini bisa dimaksimalkan untuk warga sekitar untuk menumbuhkan perekonomian. Yaitu dengan memanfaatkan peluang bagi warga dengan berjualan produk olahan dan kerajinan,” ujar Dewanti kepada New Malang Pos.

Tak hanya bagi perekonomian warga Tlekung, dengan adanya kolam renang yang dibangun di atas tanah kas desa tersebut diharapnya juga menjadi kesempatan bagi anak-anak muda Desa Tlekung untuk menjadi atlet renang.

“Saya harap anak-anak muda juga ikut latihan renang disini. Saya juga akan rekomendasikan kepada pelatih renang di Kota Batu untuk memanfaatkan Kaygun sebagai tempat latihan,” bebernya.

Itu karena menurutnya di Kota Batu belum memiliki kolam renang yang representatif untuk latihan. Meski diakuinya Kaygun juga belum menenuhi standar sebagai tempat latihan renang.

“Ini bisa dimaksimalkan. Saya akan sampaikan ke pelatih renang untuk berlatih di Tlekung. Mudah-mudahan dengan adanya kolam renang Kaygun lahir atlet-atlet renang yang handal. Baik di tingkat daerah nasional hingga internasional,” bebernya.

Sementara itu Kades Tlekung Mardi menyampaikan bahwa Patirtaan Kaygun menjadi prioritaskan pembangunan destinasi tempat wisata baru. Tak tanggung-tanggung pembangunan wisata pamandian Kaygun yang dianggarkan senilai Rp 631 juta.

“Pembangunan tempat wisata ini dilakukan sejak tahun 2019. Kami berharap Kaygun merupakan wujud dari visi misi Pemkot Batu Desa Berdaya Kota Berjaya. Karena dengan pembangunan pemandian Kaygun diharap mampu meningkatkan PADes Tlekung,” bebernya.

Dalam prosesnya, saat ini pembangunan kolam renang sudah selesai. Beberapa fasilitas yang ada di pemandian dengan konsep sejarah tempo dulu seperti kamar mandi, loket, gazebo dan taman bermain anak.

Tak berhenti pada pemandian saja. Pihaknya juga akan mengembang potensi yang ada di Desa Tlekung. Yakni dengan paket wisata yang terintegrasi. Sehingga wisatawan setiap kali berlibur bisa mendapatkan paket lengkap mulai pemandian, gua jepang, kuliner dan petik jambu.(eri/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here