new malang pos
Salah satu siswa SDK Mardi Wiyata II pemenang lomba BKSN mendapat sertifikat dan piala dari guru.

NEW MALANG POS, MALANG-Belajar boleh secara daring. Sudah tujuh bulan kondisi ini menimpa lembaga pendidikan. Tapi asupan ilmu pada anak didik tidak boleh berkurang. Terutama asupan nutrisi batin berupa penguatan iman.

Karena iman menjadi pondasi karakter. Penguatan karakter anak didik menjadi hampir mustahil tanpa iman. Maka wajib dilakukan dengan berbagai cara dan inovasi. Baik berupa program rutin setiap hari maupun penunjang melalui even. SDK Mardi Wiyata II sangat getol dalam urusan ini.

“Di kala pandemi, anak tidak bisa bertatap muka langsung dengan guru. Tapi jangan sampai hati mereka gersang dengan iman, siraman rohani tetap kita lakukan,” kata guru SDK Mardi Wiyata II Novi Christin Sulistyowati.

Pekan lalu, sekolah di Jalan Semeru ini menggelar lomba Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN). Tujuan ke arah penguatan iman agar siswa semakin mengerti isi dan ajaran Alkitab.

Novi Christin Sulistyowati menjadi ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut. Ia mengatakan, lomba BKSN dilaksanakan dengan beberapa jenis perlombaan. Ada tiga kategori lomba.

Lomba menyanyi bersama keluarga untuk siswa kelas 1 dan 2. Lomba kuis kitab suci untuk siswa kelas 3 dan 4. Serta lomba bercerita kitab suci untuk siswa kelas 5 dan 6.

“Ini agenda tahunan kami agar anak-anak semakin memahami dan menjiwai ajaran kitab sucinya,” terang Novi.

Lagu lomba menyanyi tentang lagu-lagu rohani. Siswa memilih satu tiga lagu yang ditetapkan panitia. Yakni, happy ya ya ya, baca kitab suci doa setiap hari dan tari terbit matahari. “Lomba ini kita melibatkan keluarga agar hubungan semakin rukun dan harmonis,” ujarnya. 

Adapun lomba kuis berkaitan dengan pengetahuan akan kitab suci. Untuk menguji sejauh mana pemahaman siswa terhadap kandungan alkitab. “Ada 50 soal yang kita kemas dalam quizzis, kemudian kita rangking hasilnya,” ungkap Novi.

Yang lebih menantang lomba untuk kelas 5-6 yakni bercerita dari kitab suci. Ada tiga tema yakni, kisah bahtera Nuh, kisah penciptaan dan kisah Daud dan Goliath.

Melalui cerita tersebut siswa SDK Mardi Wiyata II memaparkan isi kandungan alkitab. Sehingga dengan cerita yang bersumber dari kitab suci siswa dapat lebih gemar membaca. “Setiap kategori kota ambil juara 1, 2, 3 dan 4,” paparnya.

Lomba BKSN sebagai program yang berarah pada penguatan karakter religius dapat berimbas pada sikap dan tingkah laku siswa. Dimulai dari gemar membaca, memahami makna hingga dicerminkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Harapan kami tidak hanya sekedar memahami isi alkitab, tetapi juga bisa diaplikasikan dalam kehidupan siswa,” pungkasnya. (imm/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here