new malang pos
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan WTP kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Surabaya Senin (19/10)

NEW MALANG POS, KOTA BATU-Pemerintah Kota (Pemkot) Batu kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Penghargaan Opini WTP ini merupakan yang kelima kali berhasil disabet oleh Pemkot Batu.

Piagam dan plakat penghargaan diberikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Penghargaan ini juga diberikan kepada beberapa daerah lainnya saat rakor ketertiban dan keamanan di wilayah Provinsi Jawa Timur yang digelar di Surabaya Senin (19/10) lalu.

Menurut Dewanti, dengan menerima Opini WTP dari BPK mengucapkan rasa syukur. Artinya pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan Pemkot Batu terbukti akuntabilitasnya.

“Alhamdullilah kita kembali menerima penghargaan kembali. Kami sangat bersyukur raihan ini berkat kerja keras dan kerja benar semua pihak serta kerja sama dengan DPRD Batu,” ujar Dewanti kepada New Malang Pos, Selasa (20/10) kemarin.

Ia menambahkan torehan prestasi yang kesekian kalinya merupakan hasil sinergitas antara Pemkot Batu dan DPRD serta elemen masyarakat lainnya. Raihan prestasi tersebut didapat karena Pemkot Batu melalui sinergitas mampu memperlihatkan bagaimana semua dinas bisa menjalankan programnya.

Serta apa yang diperoleh karena pihaknya mampu melaporkan pertanggungjawaban sesuai dengan standar akuntabilitas yang disarankan oleh BPK.

“Dengan perolehan tersebut kami berharap agar kedepannya semua dinas mampu mempertahankan laporan pertanggungjawaban sesuai dengan standar. Sehingga penghargaan tersebut bisa diraih kembali,” imbuhnya.

Dewanti berpesan agar selanjutnya Pemkot Batu lebih menekankan akuntabilitas dan transparansi keuangan agar ditingkatkan. Selain itu juga terus dikuatkan dengan impact dan benefit dari setiap program kegiatan yang dieksekusi oleh masing-masing perangkat daerah.

Lebih lanjut, pihaknya berkomitmen agar opini WTP bisa kembali diraih Pemkot Batu. Untuk itu pihaknya akan tetap berpegang pada indikator-indikator yang menjadi faktor penentu bagi daerah untuk menyabet Opini WTP.

”Mudah-mudahan dengan WTP kami semakin mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat terkait dana yang dikelola pemerintah. Saya harus memastikan di pemda bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (eri/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here