NMP
Priyo 'Bogank' Sudibyo.(NMP)

NEW MALANG POS, MALANG – Pencarian Duta Pansasila yang diadakan MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Malang, cukup diminati. Bahkan pesertanya membludak. Sampai hari terakhir Selasa (20/10) kemarin, jumlah peserta yang mendaftar lebih dari 100 orang.

“Jumlah peserta membludak. Sejak dibuka tanggal 7 Oktober lalu, langsung banyak yang mendaftar. Hari terakhir pendaftaran sudah lebih 100 orang,” jelas Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Malang Priyo Sudibyo.

Menurut Bogank sapaan akrabnya, penjaringan Duta Pancasila bertujuan meningkatkan pembinaan terhadap generasi muda dalam memahami Pancasila. Termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sekaligus meningkatkan generasi millenial yang militan serta memiliki nilai patriotisme tinggi terhadap bangsa dan negara.

Karena diakui, bahwa generasi millenial saat ini adalah penerus bangsa nanti. Namun banyak di antara mereka yang belum berjiwa Pancasila. Bahkan tidak hafal lima sila Pancasila.

“Dari keprihatinan kami itulah, akhirnya muncul ide untuk mengadakan pencarian Duta Pancasila. Karena banyak generasi millenial yang ternyata tidak hafal Pancasila,” terangnya.

Contohnya adalah kasus yang pernah menonjol di tahun 2016. Salah satu artis Ibu Kota melecehkan Pancasila, lalu kemudian ditunjuk sebagai Duta Pancasila oleh salah satu Parpol. Tetapi saat dalam suatu acara, malah tidak hafal teks Pancasila.

“Kami tidak ingin kejadian itu terulang lagi. Terlebih generasi millenial di Kabupaten Malang,” ujarnya.

Audisi Duta Pancasila ini dalam rangkaian HUT ke-61 Pemuda Pancasila pada 28 Oktober nanti. Sekaligus rangkaian HUT ke-1.260 Kabupaten Malang. Dari peserta yang mendaftar akan diseleksi hingga terpilih 15 finalis. Kemudian agenda grand final pada 7 November mendatang.

“Duta Pancasila yang terpilih bisa diperbantukan instansi tertentu untuk pendampingan sosialisasi nilai-nilai Pancasila kepada pelajar, mahasiswa atau kelompok masyarakat,” tuturnya.

Sementara audisi Duta Pancasila Kabupaten Malang adalah kolaborasi beberapa instansi. Seperti MPC Pemuda Pancasila, GM FKPPI Jatim, Pemkab Malang, Polres Malang dan Kodim 0818 wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu.(agp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here