NMP
Peluncuran Inisiatif J3K di Malang menggandeng Telkom Malang dalam pembuatan sekat pelindung.
  • Kepercayaan Masyarakat Meningkat

NEW MALANG POS, MALANG – Pandemi Covid-19 menyisakan dampak luar biasa dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Kondisi ini direspon cepat Gojek, perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara yang menaungi ratusan ribu para mitra.  Gojek meluncurkan inisiatif Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan atau  J3K.

Melalui J3K Gojek berupaya memastikan semua ekosistem termasuk mitra dan pelanggan agar tetap beraktivitas serta produktif di masa pandemi Covid-19. J3K memberikan perlindungan terhadap seluruh ekosistem Gojek dengan cara menginformasikan suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan mereka. Tersedianya sekat pelindung di GoCar dan GoRide agar tidak terjadi kontak fisik antara pelanggan dengan mitra.

Head Regional Corporate Affairs Gojek wilayah Jatim & Bali Nusra Alfianto Domy Aji, menegaskan, pengalaman kuliner terbaik bagi pelanggan selalu menjadi prioritas di masa pandemi ini. Upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan dalam memesan makanan terus dilakukan.

Di Jawa Timur, Gojek terus memperkuat protokol kesehatan. Terbaru, Super App ini membekali ribuan outlet mitra UMKM dengan paket sanitasi dan keamanan makanan seperti hand sanitizer, sabun antiseptik dan segel pengaman (selotip dan kabel pengerat kemasan).

“Kami berharap, paket bantuan sanitasi dan keamanan makanan ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap UMKM kuliner di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” tegas Domy.

NMP
Inisiatif J3K, Gojek membekali para mitranya dengan sekat pelindung untuk memastikan keamanan para mitra dan pelanggan dari penyebaran Covid-19

Selain memberikan paket sanitasi dan keamanan makanan, Gojek secara rutin juga turut mengedukasi tentang penerapan protokol kebersihan makanan. Penerapan langkah kebersihan dan keamanan di berbagai lini tersebut telah sesuai pedoman BPOM.

Upaya penguatan protokol kesehatan yang dilakukan Gojek disambut baik oleh para mitra driver, Wuri Hartomo. Dengan semangat membara, mitra driver senior tersebut menginisiasi dan menggerakkan driver ojek online lintas aplikator di Malang Raya untuk bahu membahu dalam memerangi Covid-19.

Wuri mengajak driver Gojek dan aplikasi transportasi online lainnya untuk menyisihkan rejekinya dan lantas dibelikan kebutuhan kebersihan, seperti sabun dan tempat cuci tangan. Fasilitas tersebut dibagikan ke masyarakat di lima kelurahan.

“Kami melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan kepada masyarakat di Malang. Mengajak mereka untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun demi menghalau virus korona, ini juga bagian dari J3K yaitu Jaga Kesehatan,” terang Wuri kepada New Malang Pos.

Selain membagikan sabun dan tempat cuci tangan, para driver Gojek ini turut menempelkan stiker peringatan wajib mencuci tangan. Stiker dipasang di pintu agar pemilik rumah maupun tamu melakukan gerakan cuci tangan menggunakan sabun sebelum memasuki rumah.

Menurutnya, dimasa sekarang ini diperlukan peran semua orang untuk saling mengingatkan menjaga kesehatan dengan melakukan hal paling sederhana yakni mencuci tangan. Di sisi lain, para driver Gojek juga aktif memberikan penyuluhan dan berkampanye J3K serta mengedukasi pentingnya gerakan #dirumahaja.

Dilanjutkan Wuri, selama masa pandemi Gojek sangat ketat dalam memantau kesehatan dan keselamatan setiap mitra. Bahkan pengecekan suhu tubuh dan disinfektan kendaraan wajib dilakukan setiap minggunya.

“Apabila kami tidak melakukan itu selama satu minggu, akun akan dibekukan, Gojek sangat disiplin mengontrol kesehatan para mitra. Bahkan jika ada mitra yang terindikasi Covid-19 dan harus melakukan isolasi mandiri pihak Gojek akan memberikan bantuan senilai Rp 100 ribu setiap harinya selama isolasi,” paparnya.

Pembagian hand sanitizer pun dilakukan Gojek setiap bulannya. Sementara pengecekan suhu dan penyemprotan disinfektan pada kendaraan dapat dilakukan para mitra di titik posko J3K yang telah disediakan, diantaranya ada di depan Taman Krida Budaya Jatim, Masjid Sabilillah Malang dan kantor Gojek di Jalan Martadinata.

“Dengan inisiatif J3K dari Gojek sangat membantu kami untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan bahwa kami sehat dan tidak membawa virus lantaran dikontrol secara ketat oleh perusahaan. Kami berharap masyarakat tidak takut dan khawatir lagi menggunakan layanan online, karena kami pun juga ingin selalu sehat,” tutup Wuri. (lin/aim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here