new malang pos
layang-layang hias

NEW MALANG POS, KOTA BATU-Berbagai kegiatan akan terus digelar oleh Pemkot Batu dalam merayakan Hari Jadi ke 19 Kota Batu. Salah satunya adalah Festival Layang-Layang Hias Kota Batu.

Kabag Humas Setda Pemkot Batu Santi Restuningsasi mengatakan bahwa masih banyak kegiatan bagi warga Kota Batu. Diantaranya adalah Festival Layang-Layang Hias yang akan digelar tanggal 25 Oktober mendatang.

“Untuk festival layang-layang yang dihelat Disparta kami berharap warga Kota Batu bisa ikut berpartisipasi. Festival ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan ide mereka dalam bentuk layang-layang hias,” ujar Santi kepada New Malang Pos Senin (19/10) kemarin.

Menurut alumnus SMPN 8 Kota Malang ini, Festival Layang-Layang Hias diharap nantinya mampu membuka peluang bagi warga Kota Batu sebagai sentra kerajinan layang-layang hias. Mengingat Kota Batu juga menjadi sentra berbagai kerajinan tangan lainnya.

“Selain itu dengan adanya festival ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya seperti PKL dan pelaku UMKM di sekitar lokasi festival. Mengingat perekonomian di Kota Batu sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19,” paparnya.

Ditambahkan Kabid Promosi dan Pemasaran Pariwisata, Sintiche Agustina Pamungkas S.E bahwa lomba layang-layang hias dipilih karena mengutamakan protokol kesehatan. Seperti jaga jarak dan memakai masker sangat mudah terlebih saat ini masih pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini untuk menyemarakkan HUT Kota Batu. Karena itu kami ingin masyarakat yang berpartisipasi bisa menampilkan dan tuangkan kreativitas. Apalagi sesuai lomba, karya terbaik yang bakal manjadi juaranya,” papar Iche.

Ia menguraikan, untuk penilaian lomba dilihat dari layang-layang yang memiliki karakter-karakter unik. Pemenang bakal meraih uang jutaan rupiah.

Kegitan tersebut diharap Disparta bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk berwisata ke Kota Batu. Secara tak langsung juga akan terjadi perputaran uang dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Untuk pendaftaran sudah dibuka sejak beberapa hari lalu hingga tanggal 25 Oktober dengan biaya Rp 75 ribu per peserta. Pendaftaran bisa langsung menghubungi Disparta Kota Batu,” pungkasnya. (eri/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here