new malang pos
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko meninjau stand bazar UKM di halaman Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang dalam rangka Hari Pangan Sedunia.

NEW MALANG POS, MALANG – Ketahanan pangan menjadi hal penting dalam pembangunan daerah. Meski lahan pertanian dan perkebunan di Kota Malang terbatas, tapi Kota Malang berusaha untuk tetap menjaga ketahanan pangan, salah satunya melalui Lomba Kampung Pangan dalam rangka Hari Pangan Sedunia.

Setelah dilakukan penilaian, bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia, Jumat (16/10) kemarin, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang mengumumkan juara Lomba Kampung Pangan. Hasilnya, juara pertama diraih oleh dari Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun.  Juara kedua diraih Poktan Marsose Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing. Juara ketiga Poktan Babasae dari Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko yang turut hadir dan membuka kegiatan tersebut mengatakan, peran petani dalam memberikan ketersediaan bahan pangan harus diapresiasi.

“Kita bisa makan, bisa menjadi sehat, berkat tangan dari pahlawan pangan,” kata Sofyan Edi Jarwoko.

Bung Edi, sapaannya, sempat meninjau bazaar yang ada di halaman kantor Dispangtan. Ia meninjau berbagai produk olahan UKM yang berasal dari bidang pertanian, peternakan dan juga perikanan.

“Kalau kita lihat semangat petani, rasanya kegiatan harus dilaksanakan setiap tahun. Tantangan kita ke depan tidak jauh dari masalah food, energy dan air,” jelas Bung Edi.

Dijelaskannya, tantangan saat ini telah dirasakan seluruh elemen masyarakat dengan adanya pandemi Covid-19. Terbukti tantangan wabah ini dapat diatasi dengan peran penting petani yang menghasilkan berbagai bahan makanan yang penting dalam menangkal wabah penyakit.

“Yakinlah, kuncinya adalah di daya tahan kita, imun kita. Tentu juga karena peran petani kita yang gigih,” imbuhnya.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang Diah A. Kusumadewi

Menambahkan, momen peringatan Hari Pangan Sedunia ini diharapkan semua masyarakat dapat memahami pentinganya pahlawan pangan yang selalu memberikan kita bahan makanan yang terbaik.

“Lomba Kampung Pangan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada kelompok tani yang telah berperan serta dalam ketersediaan pangan. Dan mendorong tumbuh dan kembangnya pengusaha mikro kecil menengah,” tandasnya. (mp3/aim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here