new malang pos
Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM.

NEW MALANG POS, MALANG – Pemkab Malang menyiapkan anggaran sebesar Rp 65 miliar. Anggaran ini untuk menanggulangi pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir. Pernyataan ini disampaikan Sekda Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM, Kamis (15/10) kemarin.

“Besaran anggaran ini masuk dalam APBD Perubahan. Anggaran sebesar Rp 65 miliar tersebut untuk belanja kebutuhan maupun operasional, terkait penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Malang,’’ ungkap Wahyu Hidayat.

Pria yang juga menjabat Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Malang ini menjelaskan, sejatinya Pemkab Malang membuat perencanaan untuk anggaran penanganan dan penanggulangan Covid-19 sebesar Rp 86 miliar. Namun setelah dilakukan penghitungan ulang hanya Rp 65 miliar yang ditetapkan.

Baca Juga: RS Siap Relokasi Warga Terdampak Pembangunan

Turunnya anggaran sebesar Rp 21 miliar tersebut, dikatakan Wahyu lantaran kondisi saat ini sudah mulai stabil. Kasus Covid-19 di Kabupaten Malang cukup stagnan. Bahkan tingkat kesembuhan Covid-19 mencapai 90 persen. Sehingga alokasi anggaran Rp 65 miliar dipastikan cukup hingga akhir Desember nanti.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan, saat awal pandemi Covid-19, Pemkab Malang mengalokasikan Rp 471 miliar untuk penanggulanan dan penanganan Covid-19. Alokasi anggaran itu diperoleh dari efisiensi dan refocusing anggaran. Sampai pertengahan September lalu, alokasi yang sudah terpakai sebesar Rp 116 miliar.

“Dari anggaran yang kami alokasikan tersisa Rp 355 miliar. Dari nilai itu, kami kembali mengalokasikan Rp 65 miliar sampai dengan akhir Desember untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19,’’ tambahnya.

Sementara sisa dari alokasi anggaran penanganan Covid -19 dikembalikan ke OPD-OPD. “Dana yang tersisa itu ada di Kas Daerah dan belum terjamah. Nantinya akan dikembalikan ke OPD, untuk program prioritas,” paparnya.(ira/agp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here