new malang pos
Dengan fasilitas IT yang memadai Mahasiswa STIE Kertanegara Malang, mahasiswa dapat belajar dengan nyaman.

NEW MALANG POS, MALANG-STIE Kertanegara Malang (STIEKMA) menggencarkan program-program khusus demi peningkatan kualitas lulusan. Gelaran workshop sering digelar terutama fokus pada kemampuan keterampilan berbasis digital, entrepreneur dan leadership.

Ketua STIE Kertanegara Malang Dr. Anton Ferry Ananda, SE., MM., mengatakan komponen tersebut masih sangat dibutuhkan untuk dapat bersaing di era saat ini.

“Tuntutan zaman yang kian berat mengharuskan lulusan dari perguruan tinggi terampil dan berdaya saing. Hal itu tidak akan tercapai jika pendidikan di kampus hanya sebatas tatap muka antara dosen dan mahasiswa,” katanya.

Maka dari itu, perlu adanya tambahan materi sebagai penunjang kompetensi dan kreativitas mahasiswa. Seperti memberikan pelatihan, seminar atau bermacam workshop untuk meningkatkan hardskill dan softskill.

Program entrepreneur menjadi satu yang perlu digalakkan sebagai bekal mahasiswa untuk bersaing di dunia industri.

“Dan mengembangkan program entrepreneur saat ini harus inovatif. Sudah tidak lagi dengan cara konvensional tapi sudah merambah ke dunia digital,” terangnya.

Bahkan kata Anton, program entrepreneur tidak lagi menjadi penunjang. Tapi perlu menjadi program studi tersendiri dalam pendidikan tinggi.

“Karena di masa kini informasi teknologi berkembang sangat pesat, program entrepreneur berbasis digital juga sudah berkembang,” imbuhnya.

Konsep-konsep pembinaan mental akademik serta program-program yang selama ini dilakukan STIE Kertanegara Malang melahirkan generasi berjiwa entrepreneur. Wawasan tersebut merupakan bekal penting yang diberikan STIE Kertanegara sebagai wujud pengembangan potensi yang selama ini ditanamkan kepada mereka.

“Berjiwa usaha memiliki prioritas untuk menciptakan lapangan pekerjaan bukan hanya bergantung pada mencari pekerjaan,” kata dia.

Dijelaskannya, STIEKMA terus berinovasi demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas dan mencetak lulusan yang bermutu.  Sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik bagi para mahasiswanya, kampus di Jalan Cengger Ayam ini telah melakukan banyak upaya.

Anton menegaskan sebagai lembaga ilmiah STIE Kertanegara menitikberatkan pada peningkatan mutu civitas akademika dan memperluas ilmu pengetahuan sehingga mencetak tenaga profesional sebagai individu yang memiliki peran dalam pembangunan bangsa.

“Maka selain program entrepreneur, saya kira mahasiswa juga perlu dibekali dengan leadership yang baik,” tuturnya.

Menurutnya, nilai-nilai kepemimpinan tidak hanya didapat mahasiswa di mata kuliah. Dosen punya cara tersendiri dalam melatih dan memberikan pelatihan agar tumbuh jiwa kepemimpinan dalam diri mahasiswanya.

Termasuk juga di STIEKMA, mahasiswa seringkali diberikan kepercayaan untuk menggelar sebuah even yang melibatkan pihak eksternal. Secara otomatis, prosedur keorganisasian mereka jalankan dengan koordinasi dan konsolidasi.

“Disitu mahasiswa akan terlatih bertanggungjawab dan itu menjadi ciri dari kepemimpinan yang baik,” tandasnya. (imm/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here