new malang pos
Praktik cuci tangan dengan 6 langkah di kampanyekan Puskesmas Janti untuk memperingati Hari Cuci Tangan sedunia. Dengan mengupload di medsos.

NEW MALANG POS, MALANG – Pentingnya mencuci tangan dengan benar dikampanyekan Puskesmas Janti. Hal itu sebagai bagian peringatan Hari Mencuci Tangan sedunia yang jatuh pada 15 Oktober kemarin. Apalagi, selama adanya wabah saat ini, penyebaran virus dapat diminimalisir dengan mencuci tangan yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Kepala UPT Puskesmas Janti, Endang Listyowati S.Kep NS., M.MKes menjelaskan, tangan manusia merupakan bagian yang rentan terkena bakteri sehingga harus rutin dibersihkan agar kesehatan dapat terus terjaga.

“Sangat penting, karena tangan kita merupakan media yang selalu kita gunakan. Dan kita tidak tahu apakah benda yang kita sentuh bersih atau tidak. Bisa terkena berbagai penyakit. Maka itu harus sering sering cuci tangan,” kata Endang kepada New Malang Pos.

Dijelaskannya, dalam hal mencuci tangan ada dua cara, yakni menggunakan hand sanitizer dan dengan sabun. Namun, Endang menyarankan agar saat mencuci tangan lebih menggunakan sabun dan air yang mengalir.

“Kalau dengan hand sanitizer juga steril, namun sisa-sisa atau bangkai dari bakteri masih tertinggal. Sehingga lebih baik menggunakan sabun dengan air yang mengalir,” ujarnya.

Endang kemudian menjelaskan, saat mencuci tangan sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat. Ia menyebutkan ada 6 langkah yang harus diperhatikan saat mencuci tangan.

“Gosok telapak tangan, kemudian punggung tangan, sela sela jari, mengunci kedua tangan, menggosok ibu jari dan tangan dikucupkan searah jarum jam,” beber Endang.

6 langkah inilah yang juga dikampanyekan Puskesmas Janti saat Hari Cuci Tangan Sedunia, 15 Oktober kemarin. Kampanye mencuci tangan 6 langkah ini dikemas seru dengan mengajak warga untuk mengupload aktivitas mencuci tangannya di instagram. Agar lebih menarik, Instagram Puskesmas Janti menyediakan twibbon lucu yang bisa digunakan oleh warga di Instagram.

“Selama yang kami amati masih belum 6 langkah cuci tangan. Oleh karena itu kami mengajak masyarakat untuk mencuci tangan dengan dikemas secara seru,” katanya.

Melalui momen Hari Cuci Tangan sedunia ini, Endang juga mengingatkan agar masyarakat bisa selalu mematuhi protokol kesehatan. Selain masker, mencuci tangan juga salah satu yang tidak boleh ditinggalkan.

“Kebanyakan adalah kampanye pakai masker. Padahal cuci tangan juga sangat penting. Utamanya dengan sabun. Saya harap bisa menerapkan 6 langkah. Dengan tertib protokol, maka tubuh bisa sehat,” tandasnya. (mp3/aim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here