new malang pos
Stephen Chow di bibir jurang kebangkrutan. (Getty Images/AFP/CARLO ALLEGRI)

NEW MALANG POS – Kabar yang mengejutkan datang dari sineas Stephen Chow yang terlilit hutang hingga 270 juta dollar Hong Kong atau setara Rp513 miliar. Keadaan ini membuatnya terancam bangkrut hingga tak bisa membayar hutang.

Padahal, ia merupakan salah satu sineas Hong Kong yang kaya raya alias tajir. Namun ternyata hal itu tidak menjadi jaminan bahwa ia akan sukses selamanya.

Baca Juga: Rossi Galau Jelang MotoGP Aragon 2020

Sebelum Chow, ada sejumlah seleb kenamaan yang sangat tajir kemudian jatuh bangkrut, seperti yang dilansir CNN Indonesia.

Michael Jackson

Musisi yang dijuluki The King of Pop ini sedianya memiliki banyak harta. Namun, pengeluaran dalam jumlah besar membuat Jackson harus meminjam uang, yang mana mayoritas diantaranya tidak ia kembalikan.

Sebagaimana dilansir Business Insider, kondisi keuangannya semakin parah ketika bunga dari pinjaman meningkat dan terlibat banyak gugatan hukum. Saat meninggal pada 2009 ia diperkirakan memiliki hutang US$400 juta sampai US$500 juta.

Nicolas Cage

Bukan hanya mendapatkan banyak yang, aktor Nicholas Cage juga mengeluarkan banyak uang untuk membeli rumah, mobil dan barang langka. Pada 2015 sebuah laporan mengatakan Cage menghabiskan uang US$150 juta selama 1996-2011.

Lembaga pengumpul pajak Amerika Serikat, Internal Revenue Service, menagih pajak dari properti yang dimilikinya. Kemudian Cage membayar lebih dari US$60 juta karena gagal membayar pajak pada 2007.

Sebagaimana dilansir Business Insider, kejadian ini membuat Cage menjual banyak barang pribadi, termasuk komik langka. Pada 2017 kekayaan Cage hanya mencapai US$25 juta.

Marvin Gaye

Popularitas yang disandang Gaye tidak menjadi jaminan bahwa ia akan sukses selamanya. Pada 1976 ia mengajukan pailit setelah telat membayar tunjangan pada istrinya, Anna Gordy Gaye.

Kala itu, seorang hakim memerintahkan Gaye untuk membayar kepada istrinya sebesar US$600 ribu dari royalti album Here, My Dear. Ketika dibunuh ayahnya pada 1984, ia masih berhutang tunjangan sekitar US$300 ribu kepada Anna.

50 Cent

50 Cent memang dikenal sebagai rapper yang muncul pada akhir dekade 1990an. Namun, mayoritas uang yang ia miliki berasal dari sejumlah bisnis berbeda yang ia jalankan.

Sebagaimana dilansir Business Insider, pada 2015 ia dikabarkan memiliki utang sebesar US$32,5 juta. Di saat yang bersamaan, ia terlibat gugatan hukum dan tunjangan anak yang belum dibayar. Kemudian pada 2016 menyatakan bangkrut.

Stephen Baldwin

Adik dari Alec Baldwin ini mengajukan pailit pada 2009 lantaran menunggak pajak dan pembayaran sejumlah kredit. Masalah serupa terulang pada 2017 ketika rumah Stephen disita pada 2017 karena tidak membayar kredit selama enam tahun.

Sebagaimana dilansir Business Insider, pada kesempatan lain aktor ini ditangkap dan menjalani masa percobaan selama lima tahun karena gagal membayar pajak selama tiga tahun berturut-turut. (adp/bac/CNNI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here