NEW MALANG POS – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berbagi masker serta sembako kepada pedagang pasar tradisional dan pusat keramaian di Malang, Sabtu (19/9). Pemberian masker sembari gowes bersama Forkopimda, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim ini sekaligus dalam rangka mengedukasi masyarakat mengenakan masker secara aman dan benar.

Menurut Khofifah, proses edukasi dan sosialisasi mengenakan masker harus terus dilakukan sebab perkembangan akan terus ada. Misalnya terbaru jenis masker tertentu tidak disarankan lantaran kurang memberikan keamanan bagi penggunanya.

“Kami membagi masker kepada masyarakat supaya mereka memiliki stok untuk digunakan, mungkin maskernya terbatas karena setiap 4 jam harus diganti,” ungkap Khofifah.

Ia menegaskan jika dulunya edukasi yang ditekankan masyarakat wajib mengenakan masker kini harus meningkat bahwa menggunakan masker yang aman dan benar, menutup hidung. Menggunakan masker sangat penting peranannya guna melindungi diri sendiri dan orang-orang di lingkungan sekitarnya.

Disamping operasi yustisi, edukasi kepada masyarakat juga tetap berjalan. Termasuk menyasar tempat kerumunan seperti lapangan olahraga dan sosialisasi perlu dilakukan di tempat yang membutuhkan efektivitas tinggi.

“Kemudian ke pasar juga tempat berkerumun, kami ingin memastikan ekonomi jalan tetapi mereka juga harus terlindungi kesehatannya. Keberseiringan inilah yang harus kita sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat, sama-sama kita harus membangun keseimbangan antara ekonomi dan kesehatan supaya berjalan baik” tegas perempuan berhijab ini.

Ia juga berharap, Forkopimda Provinsi, Forkopimda Kota dan Kabupaten harus dalam kondisi solid untuk mengajak masyarakat mengendalikan penyebaran Covid-19. Dibutuhkan peran semua masyarakat menghentikan virus ini dengan cara menjaga kedisiplinan menggunakan masker dan jaga jarak yang aman.

“Menggunakan masker yang aman dan jaga jarak aman itu kemungkinan kita bisa menurunkan menjadi 0.5 atau bahkan 0 persen kemungkinan penyebarannya, kota jaga bersama,” tutup Khofifah.

Usai gowes bersama sembari berbagai masker dan sembako di pagi hari, pada Sabtu (19/9) siang Khofifah akan memberikan bantuan ventilator ke 11 rumah sakit di Malang serta memberikan berbagai bantuan lainnya. (lin/ggs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here