new malang pos
Ilustrasi: Menggunakan lensa kontak yang tak tepat justru akan menimbulkan rasa tak nyaman atau bahkan mengganggu penglihatan. Berikut cara memilih softlens yang tepat. (Foto: Fuse/Thinkstock)

NEW MALANG POS – Lensa kontak atau softlens merupakan pilihan yang tepat untuk mengoreksi penglihatan tanpa perlu memakai kacamata. Berikut cara memilih softlens yang nyaman dan aman tanpa merusak mata.

Memilih softlens yang salah dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman, mengganggu penglihatan, dan bahkan merusak mata. Menggunakan softlens yang tidak tepat secara terus-menerus, dapat membuat mata infeksi, kering, iritasi, dan sejumlah kondisi mata lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk memilih softlens yang tepat agar membantu penglihatan dan juga menunjang penampilan.

Berikut cara memilih softlens yang nyaman dan tidak merusak mata, seperti yang dilansir CNN Indonesia.

1. Dapat mengatasi masalah mata

Pilihlah softlens yang dapat mengatasi masalah penglihatan agar Anda dapat melihat dengan jelas. Softlens mampu mengoreksi masalah penglihatan seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, astigmatisme atau silinder maupun kombinasi.

Periksakan gangguan mata Anda pada dokter agar mendapatkan resep yang tepat untuk softlens yang dipilih.

2. Pertimbangkan bahan softlens

Pertimbangan selanjutnya saat memilih softlens adalah bahan yang digunakan. Dikutip dari All About Vision, terdapat lensa kontak yang terbuat dari gel, hidrogel silikon, permeabel gas, hybrid, dan polimetil metakrilat (PMMA). Setiap bahan punya kelebihan tersendiri mulai dari kemampuan penyerapan oksigen hingga waktu penggunaan.

Pilihlah bahan yang nyaman di mata Anda.

3. Ukuran lensa

Pastikan ukuran lensa pas dengan mata. Softlens memiliki banyak ukuran diameter dan lengkungan. Ukuran softlens yang kekecilan atau kebesaran dapat mengiritasi mata.

4. Kebutuhan tambahan

Kondisi mata setiap orang berbeda-beda. Anda mesti mengetahui kondisi mata Anda sebelum memilih softlens. Misalnya, jika mata cenderung kering, pilihlah softlens yang memiliki fitur untuk gejala mata kering.

Terdapat pula lensa kontak anti UV yang dirancang untuk orang yang kerap beraktivitas di bawah sinar matahari.

5. Warna softlens

Warna softlens juga dapat menjadi pertimbangan. Anda dapat memilih warna softlens sesuai dengan kepribadian maupun kebutuhan.

Jika tak ingin yang mencolok, softlens juga tersedia dengan warna bening sehingga akan menampilkan warna asli mata Anda.

Pertimbangan beberapa faktor cara memilih softlens di atas untuk mendapatkan lensa kontak yang nyaman dan tidak merusak mata Anda. (ptj/NMA/CNNI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here