New malang pos Sidak Hotel
SIDAK: Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Dau bersama Dinas Tenaga Kerja melakukan monitoring penerapan New Normal di Hotel Radho Syariah Suited. Hotel ini diketahui belum memenuhi standar protokol kesehatan. Foto: (NMP-Ira Ravika)

NEW MALANG POS, MALANG –Dua hotel di Kecamatan Dau belum memenuhi standar protokol kesehatan. Yakni Hotel Rayz UMM dan Radho Syariah Suites. Hal ini diketahui setah Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Dau melakukan monitoring penerapan new normal, Kamis (9/7) kemarin.

Camat Dau Eko Margianto mengatakan, belum terpenuhi standart protokol kesehatan karena tempat duduk tidak berjarak. Baik yang ada di ruang tunggu maupun area lainnya. Termasuk ada beberapa fasilitas yang juga belum memenuhi standart protokol kesehatan.

“Monitoring kami lakukan mulai dari hall, resto, ruang observasi, kamar, kolam renang, sampai jalur evakuasi. Dua hotel ini masih belum memenuhi protocol kesehatan yang sudah ditetapkan,’’ ungkap Eko.

Seiring dengan kondisi tersebut, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Dau memberi teguran. Meminta pengelola hotel untuk segera berbenah dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Tadi kami sampaikan kepada pengelola hotel, dan mereka siap menindak lanjuti untuk menerapkan protokol kesehatan,’’ katanya.

Monitoring penerapan protocol kesehatan ini digelar dalam rangka menyambut new normal. Seluruh tempat usaha, baik hotel, tempat wisata tetap harus menerapkan protocol kesehatan. 

“Pihak pengelola hotel wajib menyediakan sarana cuci tangan di depan serta pengukuran suhu tubuh. Selain itu tempat duduk di lobi juga dibuat berjarak, dengan pemberian batasan dan lainnya. Sementara di dua hotel itu masih banyak yang belum memenuhi itu,’’ urainya.

Penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan pelaku usaha. Tidak terkecuali pertokoan. Tujuannya jelas, dengan menerapkan protokol kesehatan, akan menekan penyebaran Covid-19.

Selain di dua hotel, monitoring juga dilaksanakan di Taman Rekreasi Sengkaling UMM.  Berbeda dengan dua hotel sebelumnya, di Taman Rekreasi Sengkaling lebih patuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Dimana tempat duduk yang ada disediakan sudah berjarak. Berikut dengan fasilitas permainan, sudah standar protokol kesehatan.

“Kami cek ruang observasi dan posko,  Sekul TR Sengkaling,  Kapal Garden Hotel dan  wahana mainan anak-anak serta kolam renang. Semuanya sudah menerapkan protokol kesehatan,’’ ujar mantan Camat Singosari ini.

Eko pun meminta kepada pengelola Taman Wisata Rekreasi Sengkaling untuk tetap disiplin, dalam menerapkan protocol kesehatan. “Karena kunci untuk menekan angka penyebaran Covid-19 adalah disiplin. Sehingga kami minta seluruh pelaku usaha, baik tempat wisata, hotel, dan pertokoan menerapkan ini,’’ urainya.,

Monitoring sendiri dikatakan Eko digelar bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Ketenaga Kerjaan Kabupaten Malang. “Kamu berangkat dari Kecamatan Dau, langsung menuju ke Hotel Rayz UMM, selanjutnya Radho Syariah Suite, terakhir ke Taman Wisata Rekreasi  Sengkaling. Selama monitoring juga diikuti Satgas Covid-19 UMM,’’ pungkasnya.(ira/agp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here