16 Kabupaten di Jawa Timur Bebas Zona Merah

new malang pos
Foto: Tangkapan Layar/detikcom

Surabaya, NewMalangPos – Sebanyak 16 kabupaten/kota di Jawa Timur masuk zona kuning COVID-19. Hal ini diikuti dengan penurunan jumlah kasus COVID-19 di Jatim.

“16 Daerah statusnya zona kuning. Tentu harapannya semua segera bisa menyusul kuning, karena masih ada 22 daerah yang masuk zona oranye di Jatim,” ujar Jubir Satgas COVID-19, dr Makhyan Jibril, dikutip detikcom, Minggu (21/3).

Jibril menegaskan, tidak ada daerah yang masuk zona merah COVID-19. Kondisi penyebaran COVID-19 di Jatim sendiri, lanjutnya, dalam kondisi melandai.

Baca Juga :  Produksi Uang Palsu untuk Angpao Lebaran, Ibu Rumah Tangga di Banyuwangi Ditangkap

“Penambahan kasus harian melandai. Namun tetap waspada mengingat beberapa minggu lagi ada libur panjang. Sebelumnya, setiap usai libur panjang kasus naik,” terangnya.

Hingga Minggu (21/3), jumlah kasus aktif COVID-19 di Jatim sebanyak 2.114. Pasien sembuh sebanyak 124.639 dan meninggal dunia ada 9.664.

Berikut zonasi di 38 Kabupaten/Kota di Jatim:

  • Zona Merah (Risiko tinggi): Tidak ada
  • Zona Oranye (Risiko sedang)
    Kabupaten Kediri, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kota Kediri, Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Gresik, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Tuban, Kota Malang, Nganjuk, Ngawi, Kota Batu, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Kota Blitar, Blitar, Kota Madiun, Pacitan, Jombang.
  • Zona Kuning (Risiko rendah)
    Bangkalan, Sumenep, Kota Probolinggo, Kabupaten Malang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Tulungagung, Bojonegoro, Kabupaten Mojokerto, Sampang, Pamekasan, Lumajang, Lamongan.
    (fat/dtk/nmp)