10 Pilihan Makanan Enak yang Cocok untuk Diet

Ilustrasi. Ada beberapa pilihan makanan enak untuk diet yang tak terasa hambar di mulut. (Unsplash/Pixabay/ CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Setiap program diet akan fokus pada asupan makanan-makanan tertentu. Namun, tak semua makanan untuk diet terasa enak di mulut.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa pilihan makanan enak untuk diet demi mendapatkan berat badan ideal.

Pada dasarnya diet sendiri merupakan pola makan yang mengonsumsi makanan dengan cara yang teratur, baik dari segi pilihan, porsi, hingga waktu makan. Diet berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan menurunkan berat badan.

Beberapa makanan seperti sayur dan buah-buahan umumnya punya peran penting dalam program diet. Begitu juga dengan sumber makanan lainnya.

Yang jelas, konsumsi banyak makanan yang mengandung protein, serat, dan karbohidrat sehat bisa membuat Anda merasa berenergi dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Berikut ada beberapa pilihan makanan enak untuk diet yang bisa Anda coba, seperti dilansir CNN Indonesia, Minggu (25/7).

1. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani mengandung protein yang jumlahnya dua kali lipat dari yogurt biasa.

Sebagaimana diketahui, mengutip Today, protein dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pilih yogurt Yunani plain agar menghindari gula tambahan.

Baca Juga :  Mengenal Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuh

2. Telur

Telur adalah salah satu pilihan makanan favorit untuk diet. Selain harganya murah, rasanya juga enak.

Selain itu, telur juga mengandung protein yang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi telur rebus untuk sarapan atau camilan yang hanya mengandung sekitar 100 kalori. Atau, buat telur dadar dengan bayam, tomat, dan jamur untuk makan malam.

3. Selai kacang

Selai kacang bisa menjadi penambah dosis protein, serat, dan lemak sehat. Selai kacang juga akan terasa lebih enak dibandingkan sekadar butter atau mentega pada roti gandum Anda.

4. Apel

Apel memang kerap jadi pilihan buah untuk diet. Satu buah apel kecil hanya mengandung 78 kalori, namun dengan serat sebesar 4 gram.

Iris apel untuk dijadikan camilan di siang hari, berikan olesan selai kacang atau panggang dengan kayu manis.

5. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon adalah pilihan sehat dan mengenyangkan. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Baca Juga :  Dihantam Pandemi, Wisata Maldives Tetap Eksis

Mengutip Healthline, salmon juga sarat dengan asam lemak omega-3 yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan. Peradangan memainkan peran penting dalam obesitas dan penyakit metabolik.

6. Sayuran silang

Sayuran silang termasuk brokoli, kembang kol, dan kubis tinggi akan serat dan cenderung mengenyangkan. Jenis sayuran ini juga mengandung protein yang tinggi.

Meski tak setinggi protein pada sumber hewani, tapi sayuran silang merupakan sayuran dengan protein tertinggi dibandingkan sayuran lainnya.

Kombinasi protein dan serat menjadikan mereka sebagai makanan yang sempurna untuk menurunkan berat badan.

7. Daging sapi tanpa lemak dan dada ayam

Asupan daging kerap dianggap sebagai biang kerok penambahan berat badan. Padahal, faktanya tak selalu demikian.

Alih-alih demikian, daging sebenarnya merupakan makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan karena mengandung protein yang tinggi.

Sejauh ini, protein merupakan nutrisi yang paling mampu memberikan rasa kenyang. Asupan makanan berprotein tinggi dapat membuat Anda membakar hingga 80-100 kalori lebih banyak per hari.

Anda tinggal memilih daging sapi tanpa lemak. Sementara untuk ayam, pilih bagian dada yang lebih tinggi protein.

Baca Juga :  Ayah Tetap Doakan Kehamilan Meghan Markle Meski Tak Akur

8. Tuna

Tuna merupakan makanan rendah kalori dan lemak, serta tinggi protein.

Tuna begitu populer di kalangan binaragawan dan model yang tengah menjalani program diet. Pasalnya, konsumsi tuna merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga total kalori.

Namun, pastikan untuk memilih tuna kalengan dalam air, bukan minyak.

9. Kacang-kacangan

Beberapa kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan. Misalnya saja lentil, kacang hitam, dan kacang merah.

Beberapa jenis kacang di atas cenderung tinggi protein dan serat. Kedua nutrisi tersebut telah dikenal karena kemampuannya memberikan rasa kenyang.

Anda bisa membuat sayur kacang merah untuk makan siang yang nikmat.

10. Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik. Sementara sebagian besarnya mengandung karbohidrat yang tinggi, namun alpukat sarat dengan lemak sehat.

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tinggi yang sehat. Lemak ini ditemukan juga pada minyak zaitun.

Selain itu, alpukat juga mengandung banyak air dan serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. (asr/cnni/ley/nmp)

Pilihan Pembaca